“Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan
kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman
komputer untuk melakukan sesuatu hal yang –dalam pandangan manusia adalah–
cerdas”
– H. A. Simon (1987)
“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang
bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan
lebih baik oleh manusia”
– Rich and Knight (1991)
“Bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana
membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang
dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia”
– Idhawati Hestiningsih
Dari beberapa definisi diatas maka dapat ditarik kesimpulan
bahwa AI (Artificial Intelligence) / kecerdasan buatan merupakan sebuah
teknologi komputer atau mesin yang memiliki kecerdasan layaknya manusia.
Sederhananya gini sebuah instruksi pintar yang diberikan kepada program maupun
mesin.
Aplikasi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence yang
biasa disingkat AI merupakan proses dimana peralatan mekanik dapat melaksanakan
kejadian-kejadian dengan menggunakan pemikiran atau kecerdasan seperti manusia.
AI mempelajari bagaimana membuat komputer melakukan pada suatu kejadian atau
peristiwa yang mana orang melakukannya dengan baik.
Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin
(komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.
Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem
pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan
robotika.
Hal yang menarik adalah AI ini telah diterapkan pada sistem
Android yang akrab kita gunakan dalam smartphone. Berikut ini adalah beberapa aplikasi kecerdasan buatan pada kehidupan sehari-hari
1. Waze
Waze sendiri merupakan aplikasi navigasi untuk perangkat
seluller genggam, dalam aplikasi waze hampir mirip dengan aplikasi peta
lainnya, yaitu ada navigasi, perkiraan waktu sampai ke suatu tempat, informasi
tempat umum terdekat seperti pom bensin, restoran, dll. yang menarik dari waze
yaitu kita memberikan informasi jalan ke komunitas, sehingga kita mendapatkan
info yangup to date dari waze.
Informasi mengenai kecelakaan, kemacetan jalan, polisi,
bahaya berdasarkan kondisi nyata yang dilaporkan para penggunanya. Pengguna
Waze yang juga disebut wazers juga bisa melakukan pemutakhiran peta, pemberian
nomor rumah/bangunan, penandaan lokasi secara pribadi dan langsung.
Waze juga mempunyai fasilitas ngobrol (chat), memberikan
poin untuk setiap kegiatan yang dilakukan seperti menjelajah, memutakhirkan
peta dan peristiwa khusus lainnya. Dengan demikian Waze adalah gabungan dari
aplikasi navigasi dengan jejaring sosial dan permainan online.
2. Siri
2. Siri
Semua orang sudah tidak asing dengan asisten pribadi milik
Apple yang bernama Siri. Dia adalah komputer dengan aktivasi suara yang ramah
dan kita berinteraksi dengannya pada kegiatan sehari – hari. Dia membantu kita
mencari informasi, memberikan arah kepada kita, membuat penjadwalan kita,
membantu kita mengirim pesan dan masih banyak lagi.
Siri adalah asisten pribadi pintar yang membantu Anda
menyelesaikan segala sesuatu cukup dengan memerintahkannya. Dengan Siri, Anda
dapat menggunakan suara Anda untuk mengirim pesan, menjadwalkan pertemuan,
menelepon, dan banyak lagi. Tetapi Siri tidak seperti perangkat lunak
pengenalan suara konvensional yang mengharuskan Anda untuk mengingat kata kunci
dan menyebutkan perintah tertentu. Siri mengerti cara berbicara Anda seperti
biasa dan Siri menanyakan sesuatu jika memerlukan informasi lebih lanjut untuk
menyelesaikan tugas.
3. Toko Online Lazada
Bisnis online di era serba cepat dan mudah sangatlah menguntungkan. Bisnis online yang menjual barang di internet salah satunya adalah situs lazada.com. Situs ini bergerak dalam bidang IT sebagai penyedia barang seperti elektronik, buku, mainan anak dan perlengkapan bayi, alat kesehatan dan produk kecantikan, peralatan rumah tangga, dan perlengkapan traveling dan olah raga. LAZADA Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan merupakan salah satu cabang dari jaringan retail online LAZADA di Asia Tenggara Asia Tenggara Grup LAZADA International di Asia tenggara. Pada Januari 2012, jumlah karyawan LAZADA hanya 4 orang, dan pada bulan Agustus 2012 karyawan yang dipekerjakan naik menjadi 200 karyawan dan terus bertambah setiap bulannya.
Tom Damek selaku Managing Director di Indonesia enggan menyebutkan jumlah omset yang mereka dapatkan selama ini namun menurut tafsiran pengamat, omset LAZADA dalam sebulan mencapai milyaran rupiah. LAZADA mempunyai warehouse atau gudang seluas 2.500 meter persegi dan 5.000 meter persegi di Jakarta, hal ini merupakan upaya untuk mempertahankan pertumbuhan sebesar 20% setiap bulan. Hingga Desember 2012, LAZADA memiliki 13 kategori produk, dan lebih dari 3.000 subkategori. Total, perusahaan menjual 25.000 jenis produk. Pada tahun lalu, Lazada mendapatkan beberapa kali suntikan dana dari beberapa perusahaan seperti JP Mogan dan Kinnevik.
Selain Indonesia, LAZADA juga beroperasi di empat negara di Asia Tenggara, yakni Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Pada tahun lalu, LAZADA Indonesia memiliki kontribusi pendapatan terbesar yakni 30%, diikuti Thailand. Selain Indonesia, Lazada juga beroperasi di empat negara di Asia Tenggara, yakni Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina. Pada tahun lalu, Lazada Indonesia memiliki kontribusi pendapatan terbesar yakni 30%, diikuti Thailand
sumber :
http://irvanarifsanianto.blogspot.com/2014/11/perusahaan-lazada.html
https://www.serupedia.com/2017/04/aplikasi-kecerdasan-buatan-pada-sistem-android.html
https://rifqifai.com/mengenal-apa-itu-ai-artificial-intelligence-kecerdasan-buatan/
https://www.it-jurnal.com/apa-itu-siri/
https://beyonder.asia/10-produk-nyata-penggunaan-ai-part-1/
3 komentar
Up gan
thanks guys udah mampir :)
apaan si
EmoticonEmoticon